Selamat Hari Pahlawan 10 November 2022

Hari Kamis tanggal 10 November tahun 2022 diperingatilah hari pahlawan Indonesia. Pada peringatan kali ini kemensos resmi mengeluarkan sebuah logo serta makna yang terkandung di dalamnya. Adapun tema yang diusung dalam peringatan Hari Pahlawan 2022 ini adalah Pahlawanku Telandaku.

Berikut penjelasan tema dan filosofi logo peringatan Hari Pahlawan 2022 dari Kemensos:

Hari pahlawan terlahir dari sebuah peristiwa bersejarah di Indonesia dalam mempertahankan kemerdekaan, yaitu melaluigerakan Revolusi Nasional indonesia, yaitu sebuah peristiwa pertempuran surabaya yang meletus pada tanggal 10 November 1945Para pahlawan kita yang bertempur pada masa Revolusi Nasional Indonesia mengetahui betul bahwa melawan penjajah bersenjata lengkap dengan beribu-ribu pasukan adalah rintangan tersulit.Sedangkan di sisi lain, rakyat Indonesia tidak memiliki perlengkapan perang yang sepadan, setengahnya pun tidak.

Namun, bangsa kita tidak kekurangan dua hal yaitu tekad dan semangat. Tekad untuk pantang menyerang dan tidak takut mati demi hak Indonesia serta semangat juang dan keberanian yang berapi-api melawan pasukan penjajah. Atas dasar tersebut, sebagai generasi muda juga penerus bangsa, sudah sepatutnya kita mengimplementasikan dan meneladani nilai-nilai luhur para pahlawan terutama dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Makna Filoso Logo Hari Pahlawan 2022

Kepal Tangan:

Tangan mengepal melambangkan semangat juang dan perlawanan pahlawan dalam menolak ketidakadilan dan kezaliman para penjajah.

Perisai Pancasila:

Kepal tangan berbentuk seperti perisai Pancasila bermakna pahlawan sebagai anak bangsa rela menumpahkan darahnya demi mempertahankan kemerdekaan dan tanah air dari penjajah.

Simbol Cinta:

Simbol ini dalam budaya pop sering diutarakan untuk menandakan rasa cinta. Sama seperti pahlawan, mereka rela berkorban karena ada perasaan cinta terhadap bangsa dan tanah air.

Bambu Runcing:

ambu runcing merupakan senjata yang digunakan untuk melawan penjajah pada masa kolonialisme. Senjata bambu runcing menjadi saksi bisu sejarah bahwa para pahlawan bangsa pernah berjuang dan melakukan perlawanan
untuk mendapatkan kemerdekaan yang seutuhnya.

Sumber : Makna Tema dan Filosofi Logo Hari Pahlawan 2022 ‘Pahlawanku Teladanku’ – Literasi News (pikiran-rakyat.com)

57 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.