Dorong Pramuka Jadi Wadah Membangun Karakter Generasi Muda “Pesta Siaga Di SMA N 1 Ceper” ( sumber : www.radarsolo.jawapos.com )

sman1ceperklaten.sch.id – Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Klaten menggelar pesta siaga di kompleks SMA N 1 Ceper pada Sabtu (25/2/2023). Acara diikuti 416 pramuka siaga yang merupakan perwakilan dari 26 kwartir ranting se-Kabupaten Klaten. Acara diisi dengan upacara hingga menggelar berbagai kegiatan dan lomba keterampilan kepramukaan.

Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Klaten Hamenang Wajar Ismoyo dalam amanatnya mengungkapkan manusia menjadi faktor penentu yang paling utama dalam menghadapi tantangan globalisasi. Maka itu, sangat penting dalam membangun manusia yang memiliki karakter dan tangguh dalam kepribadiannya.

“Sejalan dengan itu saya kira gerakan pramuka masih dan tetap relevan dengan perkembangan zaman. Dapat dilihat dari keberhasilan yang cukup menggembirakan dari revitalisasi gerakan pramuka melalui kepanduan bagi generasi muda. Bahkan untuk menghadapai kemajuan bangsa dan negara,” ucap Hamenang, Sabtu (25/2/2023).

Lebih lanjut, pria yang juga menjabat Ketua DPRD Klaten itu memandang betapa pentingnya pendidikan karakter bagi kaum muda di Klaten. Maka itu, revitalisasi gerakan pramuka yang harus terus diarahkan untuk memantapkan komitmen generasi muda terhadap empat konsensus. Meliputi Pancasila, Undang-Undang Dasar (UUD) 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Bhineka Tunggal Ika.

Menurutnya, melalui pemantapan empat konsensus itu dapat memperkokoh idealism, cita-cita dan milintans kaum muda. Terutama untuk menjadi komponen bangsa yang cerdas, unggul, tangguh dan penuh daya inovatif. Diharapkan pula bisa mandiri, tegar, memiliki akhlak kepribadian yang luhur serta siap bersaing di era global.

“Mari terus upayakan kemajuan bangsa dan negara melalui gerakan pramuka. Maka itu saya mengajak untuk memaksimalkan organisasi pramuka sebagai wadah startegis. Terutama dalam membangun karakter positif, menjadi generasi yang cerdas, sehat dan terampil serta gembira,” ucapnya.

Hamenang mengungkapkan, momentum pesta siaga guna mewujudkan pramuka siaga yang berbudaya, berkarakter dan berjiwa merdeka. Termasuk diharapkan bisa terampil, mandiri, disiplin dan lebih berani sehingga bisa menjadi teladan bagi lingkungan sekitarnya.

“Persiapakn diri dengan baik untuk melanjutkan kepemimpinan di masa yang akan datang. Terus perkuat pemahaman tentang Pancasila, Undang-Undang Dasar (UUD) 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika sebagai bekal untuk meneruskan perjuangan bangsa,” pungkasnya.(ren/dam)

sumber : https://radarsolo.jawapos.com/daerah/klaten/26/02/2023/dorong-pramuka-jadi-wadah-membangun-karakter-generasi-muda/

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *