6 Tujuan Upacara Bendera Beserta Manfaatnya yang Perlu Diketahui

sman1ceperklaten.sch.id – Upacara bendera merupakan salah satu kegiatan penting yang sering dilakukan di sekolah. Umumnya, upacara bendera dilaksanakan pada hari Senin dan hari-hari tertentu, seperti peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia. Meskipun sudah sering dilakukan, namun tidak sedikit pelajar yang belum mengerti tujuan upacara bendera itu sendiri.

Menurut Permendikbud Nomor 22 Tahun 2018 tentang Pedoman Upacara Bendera di Sekolah, upacara bendera di sekolah merupakan salah satu upaya untuk mewujudkan tujuan pendidikan yang mencakup nilai-nilai penanaman sikap disiplin, kerja sama, rasa percaya diri, dan tanggung jawab. Dengan begitu, hal ini dapat mendorong lahirnya sikap dan kesadaran berbangsa dan bernegara serta cinta tanah air di kalangan peserta didik.

taboola mid article

Salah satu poin penting tujuan upacara bendera ialah menumbuhkan rasa nasionalisme anak bangsa. Nasionalisme merupakan jiwa bangsa Indonesia yang harus melekat selama negara ini masih berdiri. Oleh karena itu, upacara bendera menjadi salah satu kegiatan penting untuk membentuk karakter bangsa.

Lantas, apa saja tujuan upacara bendera? Simak ulasannya yang dilansir dari situs web Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan berikut ini.

Tujuan Upacara Bendera

Upacara bendera di sekolah biasanya diselenggarakan setiap hari Senin pagi dan hari tertentu seperti HUT Proklamasi RI, Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), dan lain sebagainya. Tujuan upacara bendera salah satunya yaitu untuk memperkuat rasa persatuan dan kesatuan bangsa. Selain itu, ada beberapa tujuan upacara bendera lainnya yang perlu dipahami bagi para pelajar Indonesia.

Menurut Pasal 3 Permendiknas Nomor 22 tahun 2018 tentang Pedoman Upacara Bendera di Sekolah, setidaknya ada 6 tujuan upacara bendera di sekolah, di antaranya sebagai berikut:

1. Memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia

2. Membiasakan bersikap tertib dan disiplin

3. Meningkatkan kemampuan memimpin

4. Membiasakan kekompakan dan kerjasama

5. Menumbuhkan rasa tanggung jawab

6. Mempertebal semangat kebangsaan dan cinta tanah air

Manfaat Upacara Bendera

Mengikuti upacara bendera secara rutin dapat memberi manfaat yang baik untuk membentuk karakter seseorang. Kegiatan ini bisa menumbuhkan jiwa kepemimpinan para siswa dan rasa tanggung jawab bersama.

Selain itu, masih banyak manfaat upacara bendera yang bisa didapatkan, di antaranya sebagai berikut:

• Meningkatkan Kekompakan

Manfaat upacara bendera yang pertama yaitu bisa meningkatkan kekompakan dan kebersamaan. Saat mengikuti kegiatan ini, peserta upacara harus kompak dalam mengikuti aturan dan aba-aba dari petugas upacara. Sehingga hal ini bisa menunjukkan rasa kebersamaan selama mengikuti susunan upacara dari awal sampai akhir.

• Menumbuhkan Jiwa Nasionalisme

Melalui kegiatan upacara bendera juga bisa menumbuhkan jiwa nasionalisme. Hal ini karena upacara bukan hanya ritual semata, dalam pelaksanaannya upacara menjadi salah satu cara untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah berjuang merebut kemerdekaan. Oleh karena itu, kegiatan ini juga bisa memupuk rasa nasionalisme anak bangsa.

• Menumbuhkan Jiwa Kepemimpinan

Manfaat upacara bendera berikutnya yaitu menumbuhkan jiwa kepemimpinan. Dalam pelaksanaannya, biasanya para siswa diminta untuk menjadi petugas upacara secara bergilir. Sehingga hal ini menuntut siswa-siswi untuk bisa memimpin jalannya upacara dengan baik dan benar.

• Membiasakan Berpakaian Rapi

Saat pelaksanaan upacara berlangsung, biasanya para siswa diminta untuk selalu memakai pakaian rapi. Selain itu, beberapa atribut seperti topi, dasi, dan sepatu berwarna hitam juga harus dipakai. Hal ini bisa mendidik siswa-siswi agar selalu membiasakan berpakaian bersih dan rapi.

• Membiasakan Disiplin

Manfaat upacara bendera lainnya yaitu dapat membiasakan para siswa untuk berperilaku disiplin. Pasalnya, sering kali peserta upacara wajib mengikuti susunan upacara dengan tertib. Bahkan, beberapa sekolah menempatkan siswa-siswinya di posisi yang khusus jika terlambat mengikuti upacara.

sumber : https://www.merdeka.com/jateng/6-tujuan-upacara-bendera-beserta-manfaatnya-yang-perlu-diketahui-kln.html

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *