Partisipasi Masyarakat Untuk Memaksimalkan Pendidikan

komite sekolah

Sekolah sebagai salah satu wahana pendidikan formal adalah bentuk dari pemikiran efisiensi dan efektifitas dalam memberikan pendidikan kepada masyarakat. Akan tetapi, fungsi pemberian pendidikan kepada anak bukan sepenuhnya dibebankan kepada sekolahan, sebab dari pengalaman dunia pendidikan yang berdasar dari pengalaman hayat manusia, pendidikanpun justru sebagian besar didapat dari interaksi langsung seseorang dengan masyarakat dan keluarga, jadi sekolah dan masyarakat merupakan partner yang tidak terpisahkan didalam memberikan pendidikan kepada siswa.

Hubungan sekolah dengan masyarakat sebagai partner dalam menyampaikan pendidikan kepada siswa, keduanya juga memiliki ikatan hubungan rasional diantara keduanya yaitu :

  • Adanya kesesuaian antara fungsi pendidikan yang diperankan oleh sekolah dengan apa yang dibutuhkan masyarakat. (orang tua, pemerintah, lembaga sosial dan sebagainya)
  • Ketetapan target/sasaran pendidikan sangat ditentukan oleh kejelasan rumusan kontrak antara sekolah selaku pelayan masyarakat dengan masyarakat selaku pemesan.
  • Agar sekolah dapat menunaikan fungsinya dengan baik, perlu adanya hubungan serasi dan terpadu dengan masyarakat misalnya dalam hal dana, fasilitas dan jaminan-jaminan objektif lainnya seperti keamanan kerja demi meningkatkan kegairahan kerja dan etos kerja.

Tujuan dari hubungan antara sekolah dengan masyarakat dapat ditinjau dari dua dimensi sebagai berikut :

  1. Kepentingan sekolah yang bertujuan :
    a. Memelihara kelangsungan hidup sekolah
    b. Meningkatkan mutu pendidikan di sekolah
    c. Memperlancar kegiatan belajar mengajar
    d. Memperoleh bantan dan dukungan dari masyarakat dalam rangka mengembangkan dan melaksanakan             program sekolah.
  2.  Kebutuhan masyarakat yang bertujuan;
    a. Memajukan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
    b. Memperoleh kemajuan sekolah dalam memecahkan berbagai masalah yang dihadapi masyarakat.
    c. Menjamin relevansi program-program sekolah dengan kebutuhan dan perkembangan masyarakat.
    d. Memperoleh kembali anggota-anggota masyarakat yang terampil dan makin meningkat kemampuannya.

 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *