analisis Swot Agar Sukses di UASBN

Ujian USBN

 

Analisis Swot sebaiknya digunakan sebagai metode awal dalam menentukan pola belajar yang akan dipilih dalam Menghadapi Ujian Nasional dan UASBN. Analisis Swot sendiri berisi pertanyaan yakni: Apa kelebihan Anda, Apa kelemahan Anda, apa peluang Anda dan apa tantangan-tantangan anda.

Poin I
Apa Kelebihan yang ada pada diri anda sehingga bisa menjadi modal untuk Sukses Menghadapi Ujian Nasional dan UASBN.
Langkah pertama untuk mengetahui atau mencari gambaran dalam memetakan kemampuan yakni, Mulai dari mencari tahu apa kelebihan anda terkait UN dan UASBN. Misalkan cobalah analisa mata pelajaran saja yang anda sudah cukup dikuasai dan Anda merasa mampu mengatasinya serta analisa semua kelebihan yang ada pada diri anda ketika sedang menjawab soal-soal ujian pada ujian-ujian sebelumnya seperti kecepatan dalam menjawab soal, kemampuan berpikir, daya ingat,dll.

Poin II
Apa kelemahan anda terkait UN dan UASBN.
Setelah mengetahui apa-apa saja yang menjadi kelebihan Anda. Selanjutnya analisa apa yang menjadi kelemahan anda selama ini dalam menjawab soal ujian. misalkan menganalisa mata Pelajaran apa yang selama ini tidak terlalu Anda kuasai, kenapa anda tidak terlalu menguasai mata Pelajaran tersebut, keteledoran apa yang biasa anda lakukan ketika menjawab soal. Dll

Poin III
Apa potensi atau peluang yang bisa anda maksimalkan untuk Menghadapi UN
Potensi atau peluang adalah suatu hal yang bisa mendukung kesuksesan anda dalam menghadapi Ujian Nasional dan uasbn misalkan memiliki uang yang cukup untuk ikut bimbingan belajar, waktu yang cukup luang untuk belajar setelah pulang dari sekolah, Teman-teman yang bisa diajak share dan berbagai informasi Trik atau Tips Menghadapi Ujian Nasional dan UASBN dll

Poin IV
Apa tantangan anda yang bisa menyebabkan anda Gagal dalam Menghadapi Ujian Nasional.
Tantangan atau hambatan yang biasa dihadapi siswa yang akan Menghadapi Ujian Nasional dan UASBN seperti malas belajar, tidak pandai memanajemen waktu, Kurangnya referensi soal-soal latihan Menjelang Ujian Nasional dan UASBN, tidak terlalu mahir menggunakan komputer (UN disebagian daerah telah berbasis ICT dan menjawab soal ujian secara online)

Itulah gambaran atau cara memetakan kemampuan diri anda terkait UN dan UASBN, selanjutnya setelah mengetahui gambaran kemampuan anda, mulai dari kelebihan, kelemahan, peluang dan tantangan terkait dengan UN dan UASBN selanjutnya anda harus menentukan strategi belajar yang bisa diterapkan agar sukses menghadapi ujian nasional dan uasbn serta bisa lulus 100%.

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *