Strategi Belajar Ampuh Agar Sukses Menghadapi Ujian Nasional

Ujian USBN

1. Manajemen Waktu Belajar dalam Persiapan Menghadapi UN

Agar Bisa Sukses Menghadapi Ujian Nasional (UN) maka hal yang sangat penting untuk dilakukan adalah mengatur jadwal belajar, misalkan dalam sehari anda memberi porsi khusus untuk belajar pada diri anda berapa jam? Analisa waktu yang baik untuk anda belajar sehingga bisa dengan mudah menyerap pelajaran misalkan apakah belajar di waktu pagi, siang atau malam hari.
2. Menentukan Teknik Belajar yang Efektif dalam Persiapan Menghadapi UN
Dalam rangka Menghadapi Ujian Nasional dan UASBN sebaiknya juga menentukan teknik belajar. Teknik belajar adalah suatu cara dalam belajar sehingga Apa yang dipelajari sulit untuk dilupakan. Salah satu teknik belajar yang efektif adalah fokus untuk mempelajari materi pelajaran tertentu.

Misalkan hari ini anda memutuskan untuk mempelajari tentang pecahan desimal maka fokuslah untuk hanya mempelajari tentang pecahan desimal tersebut sampai anda benar-benar memahaminya, mulai menjawab soal, menghapal rumus pecahan desimal dan menguasai materi pecahan desimal dll. Jangan mempelajari banyak mata Pelajaran sekaligus dalam sehari karena hal tersebut biasanya tidak efektif dan cenderung membuat anda mudah melupakan apa yang telah dipelajari.

3. Melakukan Metode Belajar yang Bervariasi dalam Persiapan Menghadapi UN
Agar tidak mudah bosan dalam belajar apalagi ketika jadwal pelaksanaan UN dan UASBN semakin dekat, maka sebaiknya anda memperatekan metode belajar yang bervariasi misalkan metode belajar secara berkelompok bersama teman-teman yang juga akan mengikuti UN dan UASBN atau biasa juga disebut dengan metode diskusi, anda juga bisa mencoba metode tanya jawab dengan teman anda, dengan cara saling bertanya jawab soal dan materi pelajaran yang berkaitan dengan UN dan UASBN.

4. Menentukan target yang akan dicapai dalam UN
Salah satu strategi yang bisa membangkitkan motivasi belajar menjelang ujian nasional dan uasbn adalah memberikan target pada diri sendiri hal yang harus dicapai sesuai dengan jangka waktu yang telah ditetapkan.

Misalkan dalam jangka waktu sekian materi pelajaran matematika sudah bisa berhasil anda kuasai atau anda bisa membuat target agar bisa lulus ujian nasional dengan status nilai ujian paling tinggi dalam tingkat kabupaten atau provinsi bahkan tingkat nasional. Dengan memiliki target yang jelas maka dijamin semangat belajar Anda akan bertambah berkali-kali lipat.

5. Memaksimalkan Penguasaan Materi Pelajaran dalam Persiapan Menghadapi UN
Hal yang yang cukup penting yang harus bisa anda lakukan adalah memaksimalkan penguasaan materi pelajaran dalam persiapan menghadapi UN, yakni dengan berusaha menguasai mata pelajaran yang kurang anda kuasai anda usahakan secara maksimal untuk bisa menguasainya. Dan adapun mata Pelajaran yang anda kuasai sebaiknya semakin dipermantap.

Orang yang Hendak Mengikuti Ujian Nasional ibaratkan orang yang sedang ingin pergi menangkap ikan, ikan yang bisa anda dapatkan tergantung apa yang anda gunakan untuk menangkap ikan tersebut. Jika anda menggunakan pancing sudah bisa dipastikan hanya ikan tertentu yang bisa anda tangkap namun jika menggunakan jala maka semua jenis ikan bisa anda tangkap mulai dari ikan kecil, sedang dan besar.

Analogi tersebut mengisyaratkan, bahwa jangan hanya kebanyakan latihan menjawab soal-soal karena jika hanya fokus memperbanyak latihan menjawab soal, maka kemungkinan soal yang bisa anda jawab dalam UN dan UASBN, hanya soal-soal yang mirip atau setipe dengan soal yang anda pelajari saat latihan. Namun jika kamu fokus menguasai materi UN dan UASBN kemungkinan besar semua tipe soal yang muncul dalam UN dan UASBN bisa anda taklukkan. Dan alangkah baiknya anda memaksimalkan antara memperbanyak penguasaan materi UN dan UASBN sembari latihan menjawab soal.

6. Mereview materi pelajaran yang pernah dipelajari
Langkah selanjutnya yang bisa anda lakukan agar sukses menghadapi ujian nasional adalah mereview kembali pelajaran yang pernah dipelajari mulai dari bangku kelas 1 sampai kelas 3. Karena bisa dipastikan soal yang muncul dalam ujian nasional adalah materi pelajaran yang selama ini pernah anda pelajari. Jadi adalah hal bijak jika anda kembali membuka catatan catatan Anda saat mulai kelas 1 sampai kelas 3.

7. Mempelajari materi kisi-kisi UN dan UASBN
Cara terakhir agar sukses menghadapi UN dan UASBN adalah mempelajari kisi-kisi UN dan UASBN, dalam kisi-kisi UN dan UASBN terdapat materi pelajaran yang akan muncul pada ujian nasional dan ujian akhir sekolah berstandar nasional.

Soal yang muncul dalam UN dan UASBN dibuat berdasarkan indikator yang ada dalam kisi-kisi UN dan UASBN, jadi perbanyak latihan menjawab soal sesuai dengan apa yang ada dalam kisi-kisi UN dan UASBN Walaupun soal yang muncul tidak sama persis dengan materi latihan soal UN dan UASBN namun bisa dipastikan tipe soal kemungkinan sama.

Materi pelajaran yang tidak ada dalam kisi-kisi UN dan UASBN sebaiknya tidak dipelajari karena bisa dipastikan materi tersebut tidak akan muncul dalam UN dan UASBN. Dan jika anda mampu menguasai sepenuhnya materi pelajaran dalam kisi-kisi UN dan UASBN maka besar kemungkinan anda akan sukses menghadapi ujian nasional dan uasbn.

Demikianlah strategi belajar yang bisa adik-adik lakukan agar bisa sukses menghadapi ujian nasional. Dan sebagai tambahan adalah anda juga perlu memahami hal-hal yang perlu di perhatikan menjelang UN dan UASBN. Adapun hal-hal yang perlu di perhatikan menjelang UN dan UASBN adalah sebagai berikut

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *