10 Tips Perilaku Hidup Sehat Bagi Pelajar

Banyak aktivitas yang dilakukan pelajar setiap harinya. Dari mulai bangun tidur di pagi hingga malam hari untuk beristirahat tidur. Mengikuti KBM (Kegiatan Belajar Mengajar) di sekolah, aktivitas berorganisasi, melakukan kegiatan ibadah, mengikuti kegiatan ekstra kurikuler, mengikuti bimbingan belajar, mengerjakan tugas-tugas sekolah, mengikuti ulangan harian dan banyak lagi aktivitas lainnya.

Idealnya semua pelajar harus berprestasi, baik akademik maupun non akademik. Untuk meraih prestasi tersebut tentu saja pelajar harus memiliki tubuh dan mental yang sehat. Kesehatan tubuh dan mental pelajar bisa terjaga manakala pelajar memiliki kebiasaan hidup yang sehat.

Berikut ini ada 10 tips perilaku hidup sehat bagi pelajar:

  1. Memperhatikan jam tidur. Pelajar disibukkan dengan berbagai aktifitas yang menyita waktu. Daripada membuang waktu istirahat untuk hal yang kurang penting, lebih baik pelajar bergegas untuk tidur agar kebutuhan istirahatnya terpenuhi.
  2. Mengonsumsi makanan yang sehat. Pelajar hendaknya memulai gaya hidup baru, beralih dari makan makanan siap saji atau junk food ke makanan sehat bergizi yang lebih sehat.
  3. Memperbanyak minum air putih. Tubuh pelajar memerlukan asupan airputih untuk membantu proses metabolisme dan terhindar dari dehidrasi. Air putih mengandung mineral yang diperlukan tubuh, karena tubuh tidak bisa memproduksi mineral sendiri.
  4. Berolahraga secara teratur dan cukup. Pelajar hendaknya berolahraga rutin dan cukup. Berjalan kaki sejauh 4.000 m (sekitar 15 – 20 menit) setelah salat subuh berjamaah di masjid bisa membuat tubuh menjadi segar, bugar dan sehat.
  5. Mengelola dan menurunkan kadar stres. Mengerjakan tugas sekolah, mempersiapkan ulangan, menghadapi kemacetan dan polusi bisa menyebabkan pelajar stres. Stres yang berlebihan tidak sehat bagi pelajar.
  6. Meluangkan waktu sejenak dengan menghirup udatra segar dan bersantai sejenak dengan berbagai aktifitas seru bisa membuat kadar stres pelajar menurun.
  7. Memulai dari hal kecil. Pelajar hendaknya membuat resolusi sehat yang sederhana dimulai dari hal yang kecil. Misalkan, mulailah mengubah kebiasan makan yang lebih sehat dan rutin berolahraga jalan kaki setiap hari sekitar 15 menit
  8. Fokus pada action daripada hanya sekedar omongan. Pelajar yang sehat hendaknya membiasakan hidup sehat. Misalnya, menjaga tangan dan tubuh tetap bersih agar terhindar dari sakit.
    Jangan terburu-buru ingin mengubah kebiasaan buruk. Apabila pelajar memiliki kebiasaan buruk sebelumnya, lakukanlah pembiasaan dulu, Tidak usah terburu-buru. Perubahan hidup sehat harus melalui proses yang memerlukan waktu cukup lama.
  9. Jangan berjuang sendirian. Bergabung dengan komunitas pelajar yang memiliki tujuan yang sama yaitu komunitas pelajar hidup sehat, tentu akan memudahkan pelajar untuk berperilaku hidup sehat. Mereka saling mendukung dan mengingatkan untuk sama-sama hidup sehat.
  10. Melakukan pengulangan. Salah satu cara untuk bisa konsisten hidup sehat sebaiknya pelajar melakukan pengulangan hingga sampai 40 hari agar perubahan gaya hidup sehat tersebut menjadi kebiasaan dan karakter.

Demikian 10 tips perilaku hidup sehat bagi pelajar. Dengan menerapkan tips ini diharapkan semua pelajar Indonesia memiliki tubuh dan mental yang sehat sehingga akan lebih memudahkan pelajar untuk meraih prestasi akademik maupun non akademik di sekolahnya.

sumber : http://www.bernas.id

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *