Bahaya Narkoba Bagi Generasi Bangsa

IT

Masa muda adalah masa dimana seseorang mengalami transisi dari anak – anak menjadi seorang yang dewasa. Perkembangan fase remaja sangatlah penting dalam membentuk karakter seseorang ketika dewasa nantinya. Karena itupendidikan yang tepat serta menjauhkan anak – anak dari berbagai aktivitas negatif merupakan langkah yang tepat untuk memajukan masa depan suatu bangsa.

Salah satu hal negatif yang akan merusak anak – anak serta masa depan suatu bangsa adalah narkoba, ini dikarenakan banyak sekali efek negatif yang ada pada zat narkoba baik itu secara jasmani dan psikis. seorang yang menggunakan narkoba akan cenderung sulit untuk lepas dari dari kecanduan, dan akan menjadi pengguna aktif, dimana zat ini akan menggerogoti kesehatan seseorang, selain itu seorang pecandu narkoba akan menggunakan berbagai cara untuk mendapatkan barang haram tersebut, sehingga banyak penggunanya yang tersangkut dengan kasus kriminal.
Berikut adalah berbagai dampak negatif narkoba baik itu jas mani amupun psikis :

Dampak Fisik :
1.  Gangguan pada sistem saraf (neorologis) : kejang-kejang, halusinasi, gangguan kesadaran, kerusakan saraf tepi.
2.  Gangguan pada jantung dan pembuluh darah (kardiovaskuler) : infeksi akut otot jantung, gangguan peredaran            darah.
3.   Gangguan pada kulit (dermatologis) : penanahan, bekas suntikan dan alergi.
4.  Gangguan pada paru-paru (pulmoner) : penekanan fungsi pernapasan, kesukaran bernafas, penggesaran jaringan       paru-paru, pengumpulan benda asing yang terhirup.
5.   Dapat terinfeksi virus HIV dan AIDS, akibat pemakain jarum suntik secara bersama-sama.

 

Dampak psikologis :
1. Perubahan fisik dan lingkungan sehar-hari : jalan sempoyongan; penampilan dunguk; bicara tidakjelas; mata               merah; kurus dan nyeri tulang.
2. Perubahan psikologis :gelisah, bingung, apatis, suka menghayal, dan linglung.
3. Perubahan prilaku sosial :menghindari kontak mata langsung; suka melawan; mudah tersinggung; ditemukan             obat2an, jarum suntik dalam kamar/ tas; suka berbohong; suka bolos sekolah; malas belajar, suka mengurung diri     di kamar.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *