Cita–Cita Sebagai Target Seorang Manusia

Cita cita adalah tujuan yang dimimpikan ketika mencapai target dari seorang manusia. Hasil dari usaha yang dilakukan dengan niat yang dimiliki oleh manusia. Ekspekstasi yang difikirkan setelah melakukan sebuah kinerja dalam suatu kegiatan serta menjadi tuntutan keinginan dari setiap kehidupan.

Cita cita adalah aspek terbesar dalam pencapaian kinerja yang diinginkan oleh seseorang. Cita cita bisa menjadi terwujud jika kita mengikuti step by step yang di usahakan dalam jangka waktu tertentu. Hal ini akan menjadi tantangan seseorang dalam mewujudkanya dengan baik. Cita cita berbanding lurus dengan tingkat kinerja serta besar rintangan yang akan dihadapi dalam mewujudkan hal tersebut. Setiap cita cita manusia akan mengalami tingkatannya masing-masing, cita cita yang sama akan mempunyai kesulitan dalam menghadapi tantangannya karena akan dipengaruhi oleh faktor internal maupun eksternal diri seseorang. Tekad dalam melakukan kinerja yang konsisten serta keuletan mengerjakan setiap langkah yang di tuntut sebuah cita cita merupakan hal penting. Kemudian dalam mewujudkan suatu cita cita, kita harus menyadari semua aspek tentang hal tersebut sehingga bisa mengerjakan setiap rintangan, kesulitan maupun masalah yang terjadi ketika di dalam prosesnya. Masalah akan selalu ada ketika kita tidak sesuai dengan apa yang kita kerjakan dalam proses tercapainya suatu cita cita. Masalah yang dihadapi akan membuat tekad kita menurun atau bisa saja membuat diri kita menjadi lebih dewasa dalam menghadapi rintangan. Besar nya cita cita akan selalu mendapatkan masalah yang besar serta membutuhkan tekad yang harus selalu konsisten. Tekanan yang dihadapi bisa merubah diri seseorang dalam proses pencapaian cita cita, kita cenderung akan menghadapi kelelahan, merubah tujuan, ingin instan serta kebanyakan tidak ingin menjalani proses, padahal proses perjalanan dalam menggapai suatu cita cita adalah karya yang seharusnya kita nikmati. Kebanyakan manusia hanya berkeinginan tapi niat, keuletan, tekad yang di kerjakan tidak sesuai dengan tuntutan cita cita tersebut. Sebenarnya cita cita merupakan hasil akhir dari wujud perjuangan yang dilakukan oleh setiap orang sehingga banyak berfikir tingkat kesuksesan cita cita adalah besarnya kinerja selama proses penggapaian hal ini. Cita cita akan bisa cepat terwujud jika mindset atau pemikiran kita sudah bisa di control maupun dikendalikan sesuai dengan keinginan kita.

Mindset atau pemikiran adalah kumpulan dari cara berfikir dalam melihat sesuatu dalam diri kita. Cara berfikir yang baik akan memperngaruhi semua kinerja maupun tekad dalam menghadapi semua proses, serta menjadi titik pengambil keputusan yang terbaik ketika menetapkan suatu hasil yang didapat sehingga akan mempengaruhi tingkat keberhasilan cita cita. Pertimbangan yang bijak dalam menentukan sebuah keputusan menjadi salah satu hasil dari suatu pemikiran atau mindset. Mindset juga akan dipengaruhi oleh lingkungan seseorang dalam menggapai cita-cita.

Kamu tidak harus hebat untuk memulai tapi kamu harus memulai untuk mejadi hebat” merupakan sebuah kata motivasi dari Zig Ziglar yang dapat menjadi cambukan bagi seseorang ketika dalam proses perjuangan meraih cita cita. Cita cita yang terbaik itu adalah ketika kita bisa melakukan hal yang mungkin saja orang tidak mengetahui prosesnya tapi dapat melihat hasilnya. Cita cita terbaik adalah ketika kitab isa mewujudkan di bawah tekanan yang tinggi serta perjuangan sulit dinikmati oleh setiap pejuang cita cita. Cita cita yang terbaik itu adalah kemampuan kita dalam menghadapi setiap rintangan yang ada karena sebesar apapun masalah datang ketika dalam proses penggapaianya akan menjadikan pemikiran serta mindset yang bijak. Keberanian mencoba dalam melangkah adalah satu tindakan yang utama. Perbuatan menjadi faktor utama dalam menggapai suatu cita cita. Jadi jangan pernah berfikir seberapa besar masalah yang kamu hadapi tapi berfikirlah bahwa rintangan yang besar akan datang kepada orang besar, perjuangan yang besar akan membawa hasil yang besar.

Biodata Penulis : Ita Vitasari, S.Pd – (Guru BK SMA Negeri 1 Ceper)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *