Pelaksanaan Asesmen Sumatif Akhir SMA negeri 1 Ceper

Hari Senin tanggal 27 Maret 2023 dimulailah Assesment Sumatif Akhir bagi siswa kelas XII SMA Negeri 1 Ceper, Dimana assesmen sumatif sendiri merupakan Penilaian atau asesmen sumatif pada jenjang pendidikan dasar dan menengah bertujuan untuk menilai pencapaian tujuan pembelajaran dan/atau Capaian Pembelajaran (CP) murid, sebagai dasar penentuan kenaikan kelas dan/atau kelulusan dari satuan pendidikan. 

Asesmen sumatif dapat dilakukan setelah pembelajaran berakhir, misalnya pada akhir satu lingkup materi (dapat terdiri atas satu atau lebih tujuan pembelajaran), pada akhir semester, atau pada akhir fase. Sementara khusus pada akhir semester, asesmen sumatif bersifat pilihan. Untuk SMA Negeri 1 Ceper Assesmen sumatif ini dilaksanakan selama 8 hari yang dimulai pada tanggal 27 dan berakhir pada tanggal 5 April 2023.

Pada Kurikulum Merdeka, guru diharapkan untuk lebih banyak mengutamakan asesmen formatif, untuk mendapatkan umpan balik dan mengetahui perkembangan murid. Namun, asesmen sumatif juga tetap digunakan untuk mengetahui ketercapaian tujuan pembelajaran.

Sumber : https://guru.kemdikbud.go.id/kurikulum/perkenalan/asesmen/formatif-dan-sumatif/

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *