Keseimbangan Pendidikan Akademik dan Non Akademik

 

non akademik

Dari berbagai sumber penelitian, disimpulkan bahwa setiap orang itu memiliki keunikan masing masing, begitu juga di dalam dunia pendidikannya dimana keunggulan sorang peserta didik bisa dikategorikan menjadi 2 bagian, yaitu akademik dan non akademik, seorang di salah satu bidang akan lebih unggul dibandingkan yang lain, walaupun tidakmenutup kemungkinan seorang akan unggul di kedua bidang walaupun pada kenyataannya jang kita jumpai.

Bidang akademis adalah suatu bidang yang ilmiah, memiliki sifat ilmu pengetahuan, teori ini adalah jawaban praktis yang berarti secara langsung . Baik pendidikan formal akademik anak usia dini , pendidikan dasar , pendidikan menengah , pendidikan kejuruan dan pendidikan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan kejuruan dalam satu cabang atau sebagian cabang ilmu pengetahuan , teknologi , dan atau seni tertentu .

Sedangkan kegiatan non – akademik dalam sekolah/Madrasah sering dinamakan kegiatan ekstrakurikuler. Yaitu kegiatan di luar materi pelajaran sekolah wajib . Kegiatan ekstrakurikuler dilakukan peserta didik atau mahasiswa , dari jam belajar kurikulum standar . Kegiatan ini ada pada setiap jenjang pendidikan dari sekolah dasar hingga perguruan tinggi . Kegiatan ekstrakurikuler dimaksudkan untuk memungkinkan siswa untuk mengembangkan kepribadian , bakat , dan kemampuan dalam berbagai bidang di luar bidang akademik . Kegiatan ini diadakan secara independen dari sekolah dan siswa sendiri untuk kegiatan perintis di luar jam sekolah .

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *