Selamat Tahun Baru Imlek 2024

Perayaan Tahun Baru Imlek sering kali dikaitkan dengan shio atau ramalan dengan berbagai simbol hewan yang mewakili tahun-tahun dalam kalender China. Lantas, Imlek 2024 tahun apa? Berikut ini penjelasan mengenai shio apa yang melambangkan Tahun Baru Imlek 2024.
Mengutip laman Daily Mail, zodiak China yang juga dikenal sebagai shengxiao memiliki arti “lahir menyerupai”. Di Indonesia, hal itu biasa disebut sebagai shio. Pada dasarnya, zodiak China atau shio adalah siklus yang berulang setiap 12 tahun, di mana setiap tahunnya diwakili oleh hewan yang berbeda.

Konon, pada zaman dulu, kaisar Tiongkok pernah mengadakan perlombaan untuk menentukan hewan beruntung yang akan ditambahkan ke dalam kalender lunar. Sebagai informasi, tikus menjadi pemenang pertama yang memulai siklus 12 tahun, diikuti oleh kerbau, harimau, kelinci, naga, ular, kuda, kambing, monyet, ayam, anjing, dan babi.

Imlek 2024 Tahun Apa?
Mengutip laman The University of Sydney, urutan lambang hewan dalam shio berlaku secara tetap. Siklus tersebut dimulai dari kerbau, harimau, kelinci, naga, ular, kuda, Kambing, monyet, ayam, anjing, dan babi.

Nah, sebagai informasi, Tahun Baru Imlek 2024 adalah shio naga yang menjadi siklus kelima.

Selain berdasarkan pada elemen hewan di atas, tahun baru dalam kalender China juga ditentukan berdasarkan elemen tertentu yang berkaitan dengan tahun-tahun tertentu. Dijelaskan bahwa Tahun Naga ini berkaitan dengan elemen kayu.

Merujuk pada penjelasan di atas, Tahun Baru Imlek 2024 yang akan jatuh pada Sabtu, 10 Februari 2024 akan menandai dimulainya Tahun Naga Kayu. Lebih lanjut, dalam laman China Highlights dijelaskan bahwa terdapat ramalan shio Naga yang mungkin dapat dijadikan sebagai acuan.

Karakteristik Shio Naga
Selama ini, Naga dikenal sebagai elemen yang memegang tempat penting dalam kebudayaan China. Dijelaskan bahwa makhluk tersebut mampu membawa keberuntungan yang luar biasa, bahkan tak tertandingi dalam hal bakat dan keunggulan.

Dalam astrologi China, Naga adalah bintang paling vital dan kuat. Hewan ini terkenal agresif dan percaya diri. Orang dengan shio naga diyakini memiliki karakteristik tidak takut tantangan dan berani mengambil risiko.

Perlu diketahui, shio naga juga memiliki elemen berbeda-beda tergantung dari tahun lahirnya. Berdasarkan kalender China, shio naga yang lahir pada 10 Februari 2024 hingga 28 Februari 2025 memiliki elemen naga kayu.

Tidak hanya itu, naga kayu juga merupakan simbol dari kekuatan, kemuliaan, kehormatan, keberuntungan, hingga kesuksesan. Untuk tahun 2024 ini, diramalkan akan membawa peluang, perubahan, dan tantangan yang hasilnya akan membawa ke arah yang lebih baik.

Berikut penjelasan tahun lahir shio naga lengkap dengan elemennya:

8 Februari 1940-26 Januari 1941 (Naga Emas)
27 Januari 1952-13 Februari 1953 (Naga Air)
13 Februari 1964-1 Februari 1965 (Naga Kayu)
31 Januari 1976-17 Februari 1977 (Naga Api)
17 Februari 1988-5 Februari 1989 (Naga Bumi)
5 Februari 2000-23 Januari 2001 (Naga Emas)
23 Januari 2012-9 Februari 2013 (Naga Air)
10 Februari 2024-28 Januari 2025 (Naga Kayu)
Elemen dalam shio juga menentukan karakteristik seseorang. Berikut karakteristik shio naga berdasarkan elemen tahun lahirnya:

Naga Kayu (1964 dan 2024): Introvert, kurang antusias, dan kurang menjalin hubungan baik.
Naga Api (1916 dan 1976): Cerdas, santai, gesit dan fleksibel.
Naga Bumi (1928 dan 1988): Cerdas, ambisius, dan pekerja keras.
Naga Emas (1940 dan 2000): Alami, lugas dan punya kecenderungan ingin diperhatikan.
Naga Air (1952 dan 2012): Tekun, inovatif dan penuh semangat.

Ramalan Shio Naga Tahun 2024
Meski berada di tahun kelahirannya, orang dengan shio naga berpotensi mengalami nasib buruk tahun ini. Orang dengan shio naga berpotensi menghadapi hambatan dan kesulitan tertentu karena berbenturan dengan energi Tai Sui (Dewa Zaman).

Meski begitu, tetap akan ada bintang keberuntungan yang memberikan perlindungan dan dukungan bagi seseorang dengan shio naga. Mereka yang lahir di tahun naga bisa tetap optimis dengan prospek kariernya.

Ramalan Karier
Perkembangan karier pemilik shio naga diprediksi akan relatif positif. Mereka mungkin menghadapi beberapa tantangan karena benturan energi Tai Sui. Kendati demikian, akan ada bintang yang menjadi penolong dan pendukungnya.

Ramalan Cinta
Kehidupan percintaan shio naga di tahun 2024 diprediksi tidak berjalan mulus. Hal ini dikarenakan adanya pengaruh bintang-bintang jahat. Kisah cinta zodiak naga baik yang masih lajang maupun sudah menikah mungkin akan mengalami beberapa kemunduran.

Ramalan Kekayaan
Keuangan pemilik shio naga juga akan mengalami hambatan di tahun 2024 ini. Kemungkinan mereka akan menghadapi pengeluaran tak terduga yang mengakibatkan kekurangan finansial. Namun tenang saja, akan ada bintang keberuntungan yang akan memberikan dukungan untuk kenaikan gaji dan promosi di lingkungan kerja.

Ramalan Kesehatan
Selain itu, pemilik shio Naga juga wajib waspada akan kesehatan dan keselamatannya, khususnya bagi yang sudah lanjut usia. Pemilik shio Naga disarankan untuk menjaga pola hidup sehat.

Demikian penjelasan seputar shio Imlek Tahun 2024 lengkap dengan makna dan ramalannya. Semoga bermanfaat, Dab!

Baca artikel detikjogja, “Imlek 2024 Tahun Apa? Ini Shio, Makna, dan Ramalannya” selengkapnya https://www.detik.com/jogja/berita/d-7184998/imlek-2024-tahun-apa-ini-shio-makna-dan-ramalannya.

Download Apps Detikcom Sekarang https://apps.detik.com/detik/

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *