416 Peserta Meriahkan Pesta Siaga di SMAN 1 Ceper Klaten, Ini Juaranya ( sumber : https://solo.suaramerdeka.com/ )

Pesta Siaga di SMAN 1 Ceper

KLATEN, suaramerdeka-solo.com – Sebanyak 416 Pramuka Siaga perwakilan dari 26 Kwartir Ranting se-Kabupaten Klaten ambil bagian pada Pesta Siaga di SMAN 1 Ceper, Klaten.

Dalam kegiatan dibuka Ketua Kwartir Cabang Klaten Hamenang Wajar Ismoyo, Sabtu (25/2/2023) itu, Kwartir Ranting Wedi tampil sebagai juara umum dengan nilai 1.540.

Hasil keseluruhan, SDN 1 Jetis Delanggu meraih juara 1 putra dengan nilai 772, juara 2 diraih SDN 1 Gondangsari Juwiring dengan nilai 769 dan juara 3 SDN 3 Keden Pedan dengan nilai 766.

Sedangkan SDN 1 Kadibolo Wedi menjadi juara 1 putri dengan nilai 780, SDN 2 Kebon Bayat meraih juara 2 putri dengan nilai 778 dan SDN 1 Gombang Cawas menjadi juara 3 dengan nilai 774.

Para juara akan mewakili Kwarcab Klaten maju ke Pesta Siaga Kwarda Jateng Binwil Surakarta akan akan diadakan di Sukoharjo, 11 Maret 2023 di SMAN 3 Sukoharjo.

Peserta berasal dari perwakilan kwartir ranting, dengan perwakilan 1 barung terdiri atas 8 anak dan 1 pendamping. Setiap Kwartir Ranting (kecamatan) mengirim 18 anak.

‘’Di era globalisasi yang ditandai dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, Gerakan Pramuka masih relevan karena bisa mencetak generasi penerus yang cerdas, berkarakter dan tangguh,’’ tegas Hamenang.

Anak-anak yang cerdas menguasai ilmu pengetahuan, tangguh, berbudi pekerti luhur, menjunjung kesatuan dan persatuan bangsa, akan sanggup menghadapi tantangan globalisasi.

‘’Revitalisasi Gerakan Pramuka terus kita arahkan untuk memantapkan komitmen generasi muda terhadap 4 konsensus dasar bangsa, yakni Pancasila, UUD ‘45, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika,’’ ujar Hamenang.

Hal itu akan memperkokoh idealisme, cita-cita, dan militansi kaum muda yang cerdas, unggul, tangguh, penuh inovasi, mandiri, dan tegar, toleran dan humanis, serta siap bersaing di era global.

Dia berharap, selama mengikuti Pesta Siaga, seluruh peserta benar-benar senang dan gembira sehingga terwujud “Pramuka Siaga Berbudaya, Berkarakter dan Berjiwa Merdeka”.

Peserta dinilai dalam hal ketaqwaan, kerapian berpakaian, kemampuan indera, scouting skill simpul dan sandi, budaya Jawa, dartsmatch, estafet bola, pentas besar, bumbung kemanusiaan dan kebersihan lingkungan.

Tampak hadir perwakilan Forkopimda setempat, Camat Ceper, Korwil Pendidikan, Ketua Kwartir Ranting dan Pengurus Harian Kwartir Cabang Klaten

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *