Selamat Tahun Baru Islam 1444 Hijriyah

SMA Negeri 1 Ceper Mengucapkan Selamat Tahun Baru Islam 1444 Hijriyah, tanggal 30 Juli 2022. Tahun Baru Islam 1 Muharam merupakan momen penting bagi Muslim di dunia. Tahun Baru Islam menjadi penanda peristiwa penting hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari Makkah ke Madinah pada 622 M.

Hijrahnya Nabi Muhammad pada tahun 622 Masehi ini menjadi salah satu peristiwa penting dalam sejarah Islam. Kemudian ditetapkan sebagai hari pertama penanggalan hijriah atau kaender Islam, yakni 1 Muharam 1 Hijriah

Sejarah Tahun Baru Islam

Mengutip dari situs resmi Al Ain University, Umar bin Khatab akhirnya mengajak para sahabat untuk mendiskusikan sistem penanggalan. Sistem penanggalan yang seragam nantinya berguna dalam urusan kenegaraan maupun kemasyarakatan.

Dalam menentukan awal tahun, beberapa sahabat menyarankan waktu kelahiran Rasulullah SAW. Ada pula yang mengusulkan saat wafatnya Rasulullah SAW. Namun, mayoritas menyarankan tahun hijrah Rasulullah SAW ke Madinah dijadikan sebagai patokan awal tahun.

Khalifah Umar bin Khatab sepakat bila peristiwa hijrah dijadikan sebagai acuan tahun. Oleh sebab itu, sistem penanggalan tersebut diberi istilah kalender Hijriah. Tahun pertama kalender Hijriah dimulai pada 622 Masehi.

Diskusi berlanjut pada penentuan awal bulan kalender Hijriah. Para sahabat sepakat untuk memilih bulan Muharam. Dalam bahasa Arab, Muharam berarti bulan yang disucikan.Khalifah Umar bin Khattab sangat berperan dalam sejarah penetapan awal kalender hijriah yang menjadi awal tahun baru hijriah. Khalifah Umar bin Khattab dengan persetujuan Usman bin Affan dan Ali bin Abi Thalib menjadi pemrakarsa penetapan awal tahun baru Islam.

Pada 622 Masehi yang merupakan tahun hijrahnya Nabi Muhammad SAW, menjadi tahun pertama kalender hijriah. Kala itu adalah tahun ke-17 setelah peristiwa hijrah atau 3-4 tahun saat kepemimpinan Khalifah Umar bin Khattab.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *